cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
Analisis kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari gaya kognitif Nurina Happy
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.15314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Dempet. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes gaya kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunkan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif reflektif dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi matematika diantaranya: merumuskan (formulating), menerapkan (employing), dan menafsirkan (interpreting). Kemampuan literasi matematika siswa bergaya kognitif implusif memenuhi ketiga indikator literasi matematika diantaranya: merumuskan (formulating), menerapkan (employing), dan menafsirkan (interpreting).
Analisis tingkat kecemasan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan ditinjau dari gaya kognitif Vica Sri Windari
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.12426

Abstract

Kecemasan siswa dapat menunjukkan kecepatan respons terhadap situasi masalah dengan ketidakpastian yang lebih tinggi cepat atau lambat. Perbedaan ini dapat terukur dengan gaya kognitif yang berbeda diantaranya yaitu gaya kognitif refleksif dan gaya kognitif impulsif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan siswa kelas VII A dalam menyelesaikan soal perbandingan ditinjau dari gaya kognitif di SMPN 5 Tulungagung. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, terdiri dari 2 siswa refleksif dan 2 siswa impulsif. Metode yang digunakan tes MFFT, tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi teknik, dan pengecekan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat kecemasan yang dialami siswa refleksif adalah kecemasan ringan dengan reaksi afektif, tergolong baik dalam memecahkan masalah 2) Tingkat kecemasan yang dialami siswa impulsif adalah kecemasan tinggi dengan reaksi fisiologis, kognitif, dan afektif, kurang baik dalam memecahkan masalah.Kata Kunci: Kecemasan Matematika; Memecahkan Masalah; Gaya Kognitif
Deskripsi Learning Loss pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK pasca COVID 19 Ghea Amelia Malik Nugraha; Indrie Noor Aini
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.14964

Abstract

Setelah pandemi COVID-19 berakhir, hampir semua sekolah sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka kembali pasca pembelajaran jarak jauh sebelumnya. Banyak peserta didik mengalami learning loss yang diakibatkan oleh pembelajaran jarak jauh yang belum sesuai. Salah satu kemampuan akademis dalam menangani masalah matematika dilihat berdasarkan kemampuan peserta yang terganggu saat mengalami learning loss. Penelitian ini menggunakan standar kemampuan matematika berdasarkan pola bilangan dan rubrik dengan 4 indicator yaitu pengenalan masalah, perencanaan solusi, penyelesaian masalah yang berhasil, dan tinjauan retrospektif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning loss yang dialami peserta didik SMK kelas X. Penelitian yang dilakukan menggunakan wawancara dan deskripsi kuantitatif. Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika oleh peserta didik dievaluasi dan diurutkan tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. 4 peserta didik ditempatkan dalam kelompok tinggi, 28 peserta didik ditempatkan dalam kategori sedang, serta 2 peserta didik ditempatkan dalam kategori rendah. Ketidakberhasilan dalam belajar bukan hanya masalah bagi mereka yang berada dalam kelompok sosial ekonomi rendah, tetapi juga juga mempengaruhi peserta didik kelas menengah, dan bahkan dapat mempengaruhi mereka yang berada di tinggi. Peserta didik SMK menunjukkan kinerja yang hampir sama dengan yang diharapkan dalam hal kemampuan mereka dalam menangani masalah matematika, dan diharapkan para tenaga pendidik dapat mengatasi learning loss yang akan diderita oleh peserta didik mereka sebagai akibat dari mulainya kelas offline setelah COVID-19.
Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Kemangkon berdasarkan dominasi otak Afrina Kartika Wulandari
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.13036

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 1 Kemangkon berdasarkan dominasi otak. Subjek penelitian yaitu kelas VIII G, subjek dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu : kategori dominasi otak kanan dan otak kiri. Peneliti mengambil 3 sampel pada setiap kategori untuk dijadikan responden dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) siswa dominasi otak kiri mampu menyajikan suatu masalah matematika yang diberikan dalam bentuk model matematika kedalam berbagai bentuk representasi dengan tepat, menjabarkan ide/gagasan dari suatu permasalahan kedalam bahasa matematika melalui bahasa sendiri dalam bentuk tertulis, dan menjelaskan konsep matematika secara runtut. 2) siswa dominasi otak kanan sudah menyajikan suatu masalah matematika yang diberikan dalam bentuk model matematika kedalam berbagai bentuk representasi dengan baik, sudah dapat menjabarkan ide/gagasan dari suatu permasalahan kedalam bahasa matematika melalui bahasa sendiri dalam bentuk tertulis dan masih lemah dalam menjelaskan konsep matematika secara runtut.Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, dominasi otak
Etnomatematika dalam merangkai teratai manik-manik khas suku Dayak Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu Maria Kresna Maryeni; Silvia Sayu; H Rustam
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.14940

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan budaya masyarakat tidak terlepas dari unsur-unsur matematika Matematika dan budaya merupakan dua komponen yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Budaya masyarakat lokal (tradisional) masih terabaikan dalam pembelajaran. Sedangkan pengetahuan awal siswa dibentuk oleh lingkungan sebelum mereka kesekolah. Guru harus mengenal budaya lokal sebagai pengetahuan informal siswa sebelum menerapkannya dalam pembelajaran disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas fundamental matematis dalam merangkai Teratai manik-manik khas suku Dayak Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu dan mengetahui konsep matematika yang terdapat didalamnya. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang pengrajin Teratai manik-manik suku Dayak Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fundamental matematis dan konsep matematika dalam merangkai Teratai manik-manik khas suku Dayak Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Aktivitas fundamental matematis yang terdapat dalam aktivitas merangkai Teratai manik-manik yaitu menghitung-membilang (counting), mengukur (measuring), menempatkan (locating), mendesain (designing), bermain (playing), dan menjelaskan (explaining). Sedangkan konsep matematika yang termuat dalam aktivitas merangkai Teratai manik-manik khas suku Dayak Seberuang yaitu konsep peluang materi kombinasi dan permutasi, bilangan asli, aritmatika sosial, pengukuran panjang, himpunan, geometri bangun datar lingkaran, segitiga, dan belah ketupat.Kata kunci: Etnomatematika, Teratai Manik, Dayak Seberuang
Berpikir komputasi di dalam kurikulum merdeka : analisis pada guru matematika Saiful - Marom
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.15269

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah menyoroti serta mendiskusikan aspek tentang persepsi awal terkait kemampuan berpikir komputasi pada pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Selanjutnya kegiatan pelatihan  ini juga memiliki kontribusi ke dalam kegiatan penelitian sehingga harapannya membawa perubahan pada proses pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, Selanjutnya metode kualitatif yang digunakan adalah studi kasus. Selanjutnya pada proses pengambilan data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil dari kegiata penelitian ini adalah  adalah menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan awal terkait berpikir komputasi olwh guru. Serta kegiatan pelatihan ini mampu menghasilkan pembelajaran matematika yang terintegrasi matapelajaran matematika.
Pewarnaan harmonis pada beberapa kelas graf berarah Nurul Jannah; Nilamsari Kusumastuti; Meliana Pasaribu
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.13235

Abstract

 AbstrakPewarnaan graf merupakan suatu pemetaan dari elemen pada suatu graf  ke himpunan semua bilangan asli  sedemikian sehingga setiap elemen yang bertetangga tidak dipetakan ke bilangan yang sama. Pada pewarnaan graf, image dari elemen suatu graf disebut warna.  Dimisalkan dan adalah simpul-simpul pada  dan serta  adalah warna. Jika simpul  diwarnai dengan  dan simpul diwarnai dengan  maka pasangan warna yang dihasilkan adalah pasangan warna . Pewarnaan harmonis menerapkan konsep pewarnaan simpul dalam mewarnai suatu graf dengan syarat satu pasang warna muncul paling banyak satu kali. Banyak warna yang paling minimum yang digunakan dalam pewarnaan harmonis disebut bilangan kromatik harmonis. Dalam penelitian ini, konsep pewarnaan harmonis akan diterapkan pada beberapa kelas graf berarah untuk melihat pola bilangan kromatik dari masing-masing kelas tersebut. Seperti diketahui, pada graf berarah , pasangan warna sehingga proses pewarnaan tersebut menjadi lebih kompleks. Adapun kelas graf yang dibahas adalah graf lili berarah , graf komplit berarah  dan graf kipas berarah . Didapat bilangan kromatik harmonis pada graf lili berarah  adalah  dengan ; bilangan kromatik harmonis pada graf komplit berarah  adalah . Sedangkan bilangan kromatik harmonis pada pewarnaan graf kipas berarah  berada pada selang .Kata kunci: bilangan kromatik harmonis; pasangan warna; pewarnaan simpul
An Analyzing critical thinking skills using the context of the learning package for students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jambi diah dwi santri
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v14i1.14704

Abstract

Indonesia is a country that is also a participant in PISA, the fact is that even though it has known PISA for a long time, it still experiences a slump, especially the upper level PISA caused by many factors. Among them can be seen in the findings of PISA in 2018 where Indonesiais in the Low Perfomence quadrant with High Equity, then also Gender Gap Performance and also learning conditions in schools that are still in the zone of very simple math problems. This concludes that students in schools have not fully explored cognitive abilities in solving mathematical problems that are analytical, especially. The problem of low mathematical ability of students in solving a contextual problem in mathematics learning is the biggest problem in mathematics education in Indonesia. This study aims to analyze the critical thinking ability of students using the context of learning packages. This research is a quantitative descriptive type with the population of this study is students of class VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jambi City.  The data collected is Student test results.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue